Rabu, 10 Juli 2013

What Amazing Ramadhan!

Saya beri judul tulisan tentang ramadhan ini dengan "what amazing Ramadhan!" karena memang ramadhan membuat kita merasa amaze. Apa saja yang dari ramadhan yang kemudian membuat kita merasakan sebuah ketakjuban dari bulan ramadhan dibandingkan dengan sebelas bulan lainnya.
Ramadhan adalah sebuah bulan diantara bulan-bulan pada kalender hijriyah. Bulan ini sudah ditakdirkan menjadi bulan dimana umat muslim di seluruh dunia diwajibkan untuk melaksanakan ibadah shaum (Q.S. 2:183)
Ada berbagai peristiwa yang terjadi di Bulan Ramadhan juga kelebihan atau mukjizat Bulan Ramadhan. Mari lanjutkan menyimak.
Banyak peristiwa yang terjadi yang tidak terjadi di bulan lainnya. apa saja kah peristiwa itu?
Pertama, Bulan ramadhan adalah bulan shaum yang mewajibkan umat muslim untuk melaksanakan ibadah puasa. dalam ibadah berpuasa disunnahkan untuk melaksanakan sahur karena dalam sahur terdapat keberkahan. Mungkin juga karena dengan sahur maka shaum akan lebih bermanfaat maka umat muslim pun bangun di waktu 1/3 malam dimana itu adalah waktu terbaik. Ramailah waktu yang di sebelas bulan lainnya begitu sepi atau hanya diisi oleh para kekasih Allah. 
Kedua, karena ramadhan Allah mengobral pahala yang berlimpah maka semua berlomba-lomba dalam kebaikan. Shalat shubuh yang jamaah nya tak biasa lebih dari 2 shaf dalam sebelas bulan lainnya akan penuh di bulan ramadhan. Subhanallah. Orang yahudi bilang kalau jamaah shalat shubuh umat islam sudah seperti jamaah shalat jum'at maka saat itu umat islam sudah bangkit. Ya semoga bulan ramadhan ini sebagai latihan untuk membiasakan para lelaki untuk selalu memakmurkan mesjid di Bulan ramadhan.
Ketiga, Ibadah di bulan ramadhan yang dianjurkan adalah tilawah al-qur'an. tilawah al-qur'an ini yang biasanya di sebelas bulan lainnya mungkin hanya 1 juz sehari tapi untuk ramadhan bisa lebih misalnya dua, tiga bahkan ada yang 10 juz sehari. subhanallah. fatabiqul khairat. Mungkin lantunan ayat suci al-qur'an ini menggetarkan arasy Allah SWT.
Keempat, Ternyata ibadah terus berlanjut ya hingga dhuha. Tak ada yang ingin melewatkan untuk sejenak melakukan shalat dhuha. Yang mungkin biasanya terlewat terburu-buru berangkat kerja. 
Kelima, tetap bekerja dengan semangat walaupun dalam kondisi shaum. Ya memang tak ada alasan untuk tidak bekerja meski di Bulan Ramadhan. Bekerja juga ibadah jadi akan diberikan ganjaran juga. :D
Keenam, Ramadhan adalah bulan dermawan. Semua orang akan berlomba-lomba dalam menginfakkan hartanya terutama juga karena di bulan ramadhan setiap muslim wajib menmberikat zakat fitrah sebagai latihan kedermawanan kita. Kalo saja ZISWAF umat muslim dikelola dengan baik mungkin tidak akan ada muslim yang kelaparan lagi. Eh, konon pada zaman kepemimpinan para sahabat sumber pendapatan negara adalah zakat lho.
Ketujuh, Silaturahim yang semakin erat bagaimana tidak bertemu sesama saudara di mesjid tiap shalat malam, berbuka shaum. kadang kalo dulu suka ada hantar menghantar makanan antar tetangga. Semakin erat.
Kedelapan, tiap malam mesjid tak pernah sunyi dari aktivitas ibadah qiyamul lail atau tarawih. Subhanallah ya. Malam-malam ramadhan selalu hidup dengan aktivitas ibadah. ya mudah-mudahan mall sepi.
Kesembilan, iklan-iklan di TV pasti tentang ramadhan. dibandingkan dengan iklan di sebelas bulan lainnya ini lebih mengedukasi.
ya itulah kejadian-kejadian yang terjadi di Bulan Ramadhan yang mungkin tidak selalu terjadi di Sebelas bulan lainyya. Nah ingin sedikit berbagi juga mengenai luar biasanya shaum yang dumbernya saya ambil dari majalah tarbawi edisi 280 Th. 14, syawal 1433 6 September 2012.
Puasa membantu membunuh virus dan mengusir racun. para ilmuwan mengatakan bahwa mengurangi konsumsi makanan untuk periode waktu yang cukup lama akan memaksimalkan fungsi sistem kekebalan tubuh sehingga mampu mengusir racun yang sudah terakumulasi sepanjang tahun. Dengan terhabisisnya racun dalam tubuh akan membuat tubuh lebih kuat dan nyaman.
Puasa mengurangi risiko tumor dan kanker. para ilmuwan mengatakan puasa yang teratur, diirigi dengan pola makan yang normal dang mengurangi garam serta makanan junk food, bisa membuat sel-sel tubuh bekerja lebih teratur dan mencegah transformasi menjadi sel kanker juga menghambat sejak awalnya.
Puasa memperlambat penuaan. Manfaat puasa tak hanya untuk melawan penyakit kronis, tetapi juga berguna untuk memperlambat tumbuhnya penuaan pada sel-sel otak.
Nah, itu kelebihan-kelebihan berpuasa. Masih banyak lagi kelebihan-kelebihan yang mungkin tidak saya sharekan disini. 
Semua ketakjuban ini akan kita alami apabila kita menjalani ibadah di bulan shaum ini dengan ikhlas dan hanya karena Allah juga tidak adanya kedengkian di hati kita.
Kata terakhir untuk artikel ini. "Waktu terbaik adalah 1/3 malam terakhir, hari terbaik adalah hari jumat, dan bulan terbaik diantara seribu bulan adalah bulan ramadhan." semoga bermanfaat. Wallahu'alam bisshowab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar