Jumat, 09 Desember 2011

Korupsi di kalangan mahasiswa

Korupsi????
Apa reaksi yang anda berikan saat mendangarkan kata ini???
Bete? Kesel? sedih?
Banyak pilihan rekasi yang bisa kita berikan. Tapi, sebagai mahasiswa yang memiliki peran sebagai agent of change, moral force, Iron stock, dan sosial control.Reaksi yang harus kita lakukan adalah Melawannya! Tapi, apa sebenarnya korupsi itu? bagaimana mau melawan kalau korupsi saja tidak tahu artinya.
korupsi secara bahasa diambil dari bahasa Latin: corruptio dari kata kerja corrumpere yang bermakna busuk, rusak, menggoyahkan, memutarbalik, menyogok. secara istilah korupsi bermakna perilaku pejabat publik, baik politikus|politisi maupun pegawai negeri, yang secara tidak wajar dan tidak legal memperkaya diri atau memperkaya mereka yang dekat dengannya, dengan menyalahgunakan kekuasaan publik yang dipercayakan kepada mereka. 
Kesal sekali bukan dengan sesuatu yang bernama KORUPSI karena ia mengakibatkan banyak bencana - bencana yang melanda negeri kita. Sebagai mahasiswa yang masih memiliki hati nurani yang ingin melepas jeratan korupsi untuk negara kita sepatutnya melawan dengan tegas! Tapi, apakah kita mampu sedang tanpa kita sadari kita juga sebetulnya ada dalam lingkaran korupsi. What??? Siapa bilang????
Nah, sadarkah kita bahwa kita sering melakukan korupsi juga????
Pasti kita ingin menolaknya bukan? But, let see!
Korupsi yang berarti busuk itu sama saja dengan perbuatan busuk yang kita lakukan yang jelas merugikan orang lain. perbuatan busuk yang rawan kita lakukan di kalangan mahasiswa adalah Mencontek!
Ya mencontek adalah jenis korupsi yang paling sering dilakukan oleh para mahasiswa. eh, lantas kenapa ia tergolong dalam kegiatan korupsi??? dalam perspektif pemahaman saya mencontek sama saja dengan kegiatan memperkaya diri dengan jawaban ujian yang berakibat buruk bagi diri sendiri dan bagi orang lain. 
Apa alasannya saat saya mengungkapkan hal ini??? 
Ada beberapa alasan mengapa saya mengkategorikan mencontek juga merupakan kegiatan korupsi.
1. Merugikan orang lain
    Merugikan orang lain yang seperti apa? Mencontek merugikan orang lain dalam hal membuat karya asli seseorang dinilai menjadi karya kita padahal orang tersebut telah susah payah membuatnya, tapi dengan mudahnya kita menyalin dan boleh jadi kita yang akan mendapatkan dampak positif dari karya itu dan orang yang asli membuatnya tidak mendapatkan apa - apa. hal ini dapat berdampak buruk pada kepercayadirian seseorang. yang boleh jadi hal itu dapat merenggut nyawa seseorang. 
2. Merugikan diri snediri
    Jelaslah mencontek itu merugikan diri sendiri. Why??? yang saya tahu mencontek itu kegiatan menyalin/menjiplak hasil karya orang lain. So, saat kita mencontek kita tidak akan pernah tahu potensi diri kita ada dimana dan kita tidak bisa mengembangkannya untuk kemandirian hidup kita. akan selamanya kita bergantung pada orang lain. Padahal Allah sudah memberikan potensi yang tak kalah luarbiasanya yang boleh jadi kita lebih hebat dari orang yang kita conteki. 
3. Mengikis malu seseorang.
    Kegiatan mencontek bisa membuat rasa malu kita terkikis dan tanpa kita sadari kita tak lagi malu berbuat perbuatan amoral lainnya. mencuri, berbohong, dll yang termasuk ke dalam perbuatan maksiat yang kita nilai itu adalah hal yang biasa saja untuk dilakukan. 
4. Dosa terbesar kepada dosen
    Wah dosa besar kepada dosen, kok bisa? Ya iyalah kita jelas sudah membohongi para dosen yang sudah mengajar kita. dan ini termasuk alasan kenapa ia termasuk korupsi.Perbuatan busuk kan? 

Ya itulah alasan kenapa mencontek termasuk ke dalam kegiatan korupsi. Kita mungkin sering koar - koar di depan gedung rektorat, kantor walikota, kantor gubernur, kantor presiden, KPK dan meneriakkan mereka itu berbuat korupsi. Tapi, apakah selama ini hasil koar - koar kita berdampak banyak? tampaknya tidak ya? Boleh jadi hal tersebut dikarenakan kita tidak mampu mengetuk hati para koruptor, para penegak hukum, dan pembuat kebijakan untuk benar - benar mau lepas dari jeratan korupsi karena kita pun melakukan tindakan dasar dari koprupsi, yakni Mencontek! 
Saatnya sekarang kita membersihkan jiwa kita dan kembali berjuang menegakkan nilai - nilai yang membuat bangsa ini tidak lagi dilanda bencana baik bencana alam maupun bencana kehidupan.

SELAMAT HARI ANTI KORUPSI SEDUNIA
9 DESEMBER 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar