Kamis, 12 Desember 2013

Berjuang Tanpa Lingkaran

Mungkin inilah efek samping meninggalkan ruang dimensi bernama halaqoh. Sudah 6 pekan ruang bernama halaqoh itu ditinggalkan. Alasannya? simpel, Tidak nyaman. Halaqoh secara harfiah adalah lingkaran dalam lingkungan tarbiyah bermakna sebuah kelompok untuk menimba ilmu, bersilaturahmi, merekatkan ukhuwah, dan memecahkan persoalan. Halaqoh adalah aktivitas penting dalam lingkungan tarbiyah bahkan menjadi syarat utama seseorang untuk tergabung dalam lingkungan ini.
Efek samping yang kualami saat meninggalkan halaqoh atau seringnya kusebut dengan nama lingkaran itu adalah sibuk dengan dunia sendiri. Dunia yang pernah dulu kudalami. Dunia anime, jepang, idol grup, dll. Banyak amalan yang ditinggalkan. Selain itu juga jadi tertinggal dari informasi-informasi penting. Banyak melakukan hal yang sia-sia dan masih banyak lagi yang menjadi efek samping saat meninggalkan lingkaran.
Tapi harusnya aku sadar bahwa bukan karena lingkaran aku jadi rajin beramal atau beribadah. Mungkin dulu patut kupertanyakan niat mengikuti lingkaran atau melakukan sederet amalan yaumiyah yang selalu dimonitor oleh seorang mentor.
Kini dengan tanpa lingkaran tujuan hidupku, setiap langkah hidupku harusnya hanya karena atau untuk Allah SWT dan Rasulullas SAW. Seperti yang disebut oleh hadits arba'in nomer satu. Efek-efek samping akibat meninggalkan lingkaran harus segera kutepis dan menunjukan pada Allah SWT bahwa semua yang kulakukan adalah karenaNya. Mungkin dengan lingkaran perjuangan itu jadi ringan tapi kini dengan tanpa lingkaran maka akan sangat berat jadi harus berjuang terus-terusan.
Dengan begini sebenarnya aku ingin kembali tanpa penyesalan atau tanpa permohonan yang belum terkabulkan. Aku ingin kembali dengan perasaan bahagia dengan perasaan yang puas. Bisa aku pasti bisa meski harus berjuang tanpa lingkaran! Bismillah...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar