Kamis, 17 November 2011

No Rain, No Rainbow -Catatan Tentang Persaudaraan-

Sudah sejak lama rasanya tak melihat lagi pelangi padahal ia seharusnya menjadi karib hujan dalam setiap waktu saat hujan membasahi bumi... Berbilang tahun hujan selalu sendiri tanpa lagi ada pelangi... padahal pelengkap kebahagiaan saat hujan adalah pelangi...

Ah, Pelangi, apa yang muncul dalam benak kita saat mendengar kata pelangi? spektrum warna yang indah yang membentuk lengkung di langit setelah hujan ya? atau spektrum warna yang muncul di atas minyak? Atau spektrum warna yang muncul di air terjun?

Apapun itu pelangi adalah fenomena alam yang indah yang terjadi setelah hujan. Darimanakah Pelangi itu berasal? mengapa ia selalu muncul saat setelah hujan dan matahari bersinar cukup terik? 
dan yang terpenting apa yang bisa kita pelajari dari pelangi? 

Let's explore it with physics!
Pelangi merupakan proses pembiasan yang terjadi dalam skala yang besar. Matahari merupakan sumber cahaya polikromatik yang terdiri dari berbagai macam warna dengan panjang gelombang yang berbeda. Spektrum cahaya tampak terdiri dari merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu.. matahari yang merupakan sumber cahaya polikromatik ini kemudian menembus butir - butir air hujan yang belum selesai berhenti membasahi bumi. Seperti kita melihat cahaya yang menembus prisma kaca maka cahaya tersebut akan terurai hingga spektrum warna muncul dan tampak seperti pelangi. Hal tersebut terjadi pada cahaya matahari yang menembus butiran air pada salah satu sisi kemudian dipantulkan ke sisi yang lain hingga membias dan dipantulkan lagi ke sisi yang lain sehingga cahaya matahari membias dan membentuk spektrum warna. Pelangi hanya bisa dilihat apabila pengamat membelakangi matahari dan apabila matahari bersinar saat hujan masih berlangsung.


Lantas apa yang bisa kita ambil pelajaran dari fenomena alam, pelangi?

Pelangi indah itu muncul setelah dan sedang hujan...
Apa yang kau maknai tentang pelangi dan bagaimana dengan hujan?
sebagaian besar orang menilai hujan adalah badai. Apabila kita hubungkan dengan kehidupan maka hujan adalah ujian kehidupan. 
Bagaimana dengan pelangi? Pelangi adalah sesuatu yang dianggap sesuatu yang membahagiakan karena warnanya yang indah bukan? perpaduan warna yang siapa saja memandangnya akan bahagia dan lega.
Bila kita membayangkan hujan sebagai ujian dan pelangi sebagai kebahagiaan maka pelangi itu akan muncul setelah atau pada saat hujan maka kebahagiaan pun muncul saat ujian itu berakhir atau saat ujian itu masih berlangsung. artinya pelangi tak akan ada kalo tak hujan dan kebahagiaan itu takkan ada jika tak ada ujian?

Pelangi adalah gambaran tentang kita dan dunia kita 
Kita adalah orang - orang yang berbeda. kita memiliki masing - masing warna. dan tahukah jika kita berkumpul kita menjadi satu warna, yakni putih.
warna putih identik dengan sesuatu yang suci atau sesuatu tentang kebaikan. maka apabila kita dengan identitas warna kita yang indah yang terdiri dari warna merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu maka kita akan menjadi sebuah kebaikan untuk dunia. saat kita bersatu maka dunia akan bersinar. 
lihat, dunia akan indah jika kita indah tak ada hitam yang membentuk pelangi yang indah tak ada hitam yang membentuk putih. maka saat hati kita berniat untuk membuat segala sesuatu menjadi baik maka yang perlu kita lakukan adalah menjadikan diri kita indah terlebih dahulu. 

Begitu banyak fenomena alam yang terhampar di hadapan kita tapi sulit sekali kita mengambil hikmah dari fenomena - fenomena alam tersebut.  Semoga tulisan yang belum sempurna ini bisa memberikan sedikit inspirasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik. ^_^

Sumber Wikipedia.org 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar